Website Pemasaran Pada Perangkat Mobile

 

PEMASARAN PADA WEBSITE MOBILE

1. Pengertian Dasar Pemasaran Melalui Perangkat Mobile
Mobile Marketing adalah pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobil atau jaringan nirkabel

Sejarah Mobile Marketing
  1. Multimedia Message Service
  2. Game Mobile Marketing
  3. Mobile Web Marketing
  4. Pemasaran via Bluetooth dan Infrared
  5. Mobile Marketing melalui kode Quick Response
2. Karakteristik Perangkat Mobile VS Sistem Desktop
  • Ukuran yang kecil
  • Memory yang terbatas
  • Daya proses yang terbatas tidaklah setangguh rekan mereka yaitu Desktop
  • Mengkonsumsi daya yang rendah
  • Kuat dan dapat di andalkan
  • Konektivitas yang terbatas
  • Masa hidup yang pendek
3. Membuat Website Menggunakan Template Pada Perangkat Mobile
Mobile web adalah aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, PDA dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi seluler.

Yang perlu di ingat bahwa mobile website haruslah di rancang user friendly dan memberikan "kepuasan instan" diantaranya :
  • Cepat diakses
  • Sederhanakan navigasi
  • Buat website mobile anda "thumb friendly"
  • Buat website mobile anda mudah dibaca
  • Website mobile anda harus kompatible
  • Buat "local friendly" 
  • Buat website anda mudah untuk menkonversi
Wordpress merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat website atau blog. 

4. Strategi Pemasaran pada Perangkat Mobile
  • SMS
  • Aplikasi Mobile
  • Mobile Usage In Store
5. Strategi Pemasaran pada Mobile Marketing
  • Content Marketing
  • User Friendly
  • Continuos Marketing
  • Integrated Digital Marketing
  • Visual Marketing
  • Personalised Marketing  

  

Dasar-dasar pemasaran melalui perangkat mobile
  
a. Pengertian mobile marketing
       Mobile Marketing adalah seperangkat praktek pemasaran yang memungkinkan organisasi  atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel.
   
b. Keuntungan  mobile marketing

  • Mobile campaigns adalah sesuatu yang mudah dibuat dan cepat dieksekusi. Jika kita ambil contoh menggunakan SMS atau push notification di aplikasi mobile, maka pesan yang akan diterima oleh target audiens akan lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak, biaya air time (jika memanfaatkan radio/TV). Hanya pelu menyiapkan gambar, teks, atau video, maka selanjutnya dapat disebarkan melalui SMS dan aplikasi mobile.
  • Jangkauannya lebih luas, tidak ada halangan logistik. Mulai dari lokasi, waktu dan lain sebagainya dapat dihiraukan.
  • Respon pengguna yang cepat juga menjadi salah satu keuntungan. Hanya dengan lewat aplikasi mobile/SMS mereka bisa langsung berinteraksi dengan produk yang ditawarkan. Respon rate yang pernah saya temukan untuk mobile marketing ada di kisaran 15%, sedangkan untuk medium lain hanya dapat mencapai 2-5%.
  • Konten yang disampaikan dapat langsung mengarah ke orang yang tepat, lokasi yang tepat dan memang dibutuhkan oleh target audiens. Pesan yang disampaikan juga bisa dipersonalisasikan sesuai dengan target audiens dan lokasi dimana mereka berada.
  • Perangkat mobile merupakan alat yang 80% dibawa oleh penggunanya kemana-mana. Dan ini sangat memudahkan pesan yang ingin disampaikan sampai ke sasaran lebih cepat. 
Spesifikasi perangkat mobile

Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.
● Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary(disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi ram
untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory, pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.
Daya proses yang terbatas tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti harddisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil.
Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop.Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimanadaya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.
● Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
● Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless.
Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan darimereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka booting dalamhitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone mereka bahkanketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.

Membuat website menggunakan template wordpress untuk peangkat mobile

Mobile web adalah aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan
peralatan yang bersifat mobile berbasisikan browser yang bertujuan untuk
mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat
mobile seperti handphone, PDA dan perangkat portable yang tersambung ke
sebuah jaringan telekomunikasi selular.

Mobile web yang diakses melalui perangkat mobile perlu dirancang dengan
mempertimbangkan keterbatasan perangkat mobile seperti sebuah handphone
yang memiliki layar dengan ukuran yang terbatas ataupun beberapa
keterbatasan pada sebuah perangkat mobile.
Perkembangan mobile web tidak lepas dari masalah Usability dan
interoperability.
Platform perangkat mobile, sistem operasi mobile dan mobile browser.
Permasalahan Usability berpusat di sekitar ukuran fisik hardware yang kecil dari
faktor bentuk ponsel (layar resolusi terbatas dan input pengguna/keterbatasan
operasional). Ini adalah dua tantangan terberat ketika melakukan desain web
untuk mobile web.
Yang perlu diingat bahwa mobile website haruslah dirancang user friendly dan
memberikan “kepuasan instan” diantaranya:

Cepat diakses – pengguna mobile ada dimana saja dan mereka tidak punya
banyak waktu untuk memasuki sejumlah besar informasi. Buatlan website
mobile anda “fast loading” dan mudah untuk dibaca.
Sederhanakan Navigasi – website mobile anda tidak boleh membuat
pengunjung bingung. Jika anda memiliki website yang kompleks, kotak
pencarian akan memudahkan pengunjung anda mencari informasi yang mereka
butuhkan.
Buat website mobile anda “thumb friendly”– pengguna mobile bernavigasi
dengan menggunakan jari mereka maka anda harus mempertimbangkan ukuran
jari yang berbeda. Anda bisa merancang website mobile anda sedemikan rupa
sehingga orang orang yang memililki jari yang lebih besar dapat bernavigasi
dengan mudah. Gunakan tombol yang lebih besar dan beri mereka ruang untuk
menghindari salah klik.
Buat website mobile anda mudah dibaca – harus ada kontras antara latar
belakang dan teks. Konten harus tepat dengan layar dan dapat dibaca tanpa
harus “zooming atau “pinching”.
Website mobile anda harus kompatible – situs web mobile yang ideal bekerja
di semua platform mobile dan orientasi handset.
Buat “local friendly” – pengguna mobile sering kali mencari informasi local
lewat ponsel mereka. Maka , upayakan website mobile anda mudah ditemukan
oleh mereka.
Buat website Anda mudah untuk mengkonversi – buatlah calon pelanggan
untuk dengan mudah membeli produk atau menghubungi Anda. Fokuskan pada
detail produk dan info lainnya yang akan membantu konversi, meminimalkan
langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan penjualan,, membuat entri data
lebih mudah dengan menggunakan menu scroll, gunakan daftar atau centang
kotak, gunakan “click to call” untuk panggilan cepat ke nomor telepon anda

Membuat aplikasi untuk membuat situs mobile

Mungkin banyak yang tidak mengerti kenapa juga harus repot membuat blog seperti Wordpress atau Blogspot dalam versi mobile. Tapi pada kenyataannya pengunjung yang menggunakan perangkat mobile tidak bisa diremehkan, berdasarkan data dari Google Analytics hampir 10% pengunjung blog menggunakan aplikasi Opera Mini Untuk itu, [Paseban](http://www.plimbi.com "Paseban Berita dan Informasi Teknologi") akan membahas cara membuat Wordpress versi mobile. Sebenarnya ada bermacam-macam cara yang dapat Anda lakukan untuk menyajikan blog Wordpress Anda ke dalam versi mobile, seperti mobile press, Carrington mobile, WP Touch dan lainnya. Selain itu juga bisa menggunakan plugin dengan membuat tampilan Wordpress lebih responsif, dengan demikian blog Anda secara otomatis akan dapat menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.
Salah satu plugin yang cukup sering digunakan dalam membuat blog versi mobile adalah *Wordpress Mobile Pack. Dengan menggunakan plugin ini cara membuat Wordpress versi mobile menjadi lebih mudah hanya dengan meng-install, mengaktifkan dan kemudian mengatur beberapa konfigurasinya. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Wordpress versi mobile menggunakan Wordpress Mobile Pack:
1. Dari halaman Administrasi Wordpress pilih plugins>> Add New, pada kotak pencarian ketikkan "Wordpress mobile Pack”>> klik Search plugins.
2. Dari sederetan plugin yang muncul klik Install Now pada Wordpress Mobile Pack, setelah instalasi selesai jangan lupa diaktifkan. Enaknya lagi, dalam cara membuat Wordpress versi mobile ini, plugin-nya merupakan plugin gratis.
3. Selanjutnya adalah konfigurasi Wordpress Mobile Anda. Akan ada 4 pilihan menu pada halaman Administrasi Wordpress yaitu Mobile Theme,Mobile Widgets,Mobile Switcher dan Analytics. Mobile Theme berfungsi untuk mengatur tampilan Wordpress Anda. Silahkan berekreasi sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Namun disarankan untuk cara membuat Wordpress dengan mobile pack untuk memberikan centang di semua menu kecuali "clear cache now”.
Hal ini untuk meningkatkan kecepatan akses di blog Anda. Mobile Widget berisi pilihan widget apa saja yang ingin ditampilkan di blog mobile Anda. tinggal berikan ceklist saja pada widget mana yang Anda suka atau yang sebelumnya telah Anda setting di blog versi desktop. Mobile Switcher adalah bagian konfigurasi dari cara membuat Wordpress menggunakan mobile pack ini. Pada menu ini, apabila Anda salah mengatur setting akan mengakibatkan blog Anda menjadi blank. Oleh karena itu, agar tidak terjadi kesalahan konfigurasi ikuti setting yang ada pada screenshoot berikut ini.
Mobile Analytics ini digunakan untuk melacak berapa jumlah pengunjung yang datang di blog Wordpress versi mobile yang Anda miliki.
Pada layanan Percent Mobile, Anda juga dapat melihat lebih detail tentang aktifitas pengunjung tersebut di blog Anda layaknya Google Analytics. Mudah bukan, cara membuat Wordpress Anda ke dalam versi mobile? Sebenarnya selain Plugin Mobie Pack juga masih ada plugin lain yang dapat digunakan untuk membuat Wordpress versi mobile. Tinggal pilih saja mana yang terbaik. Ayo tingkatkan trafik Wordpress Anda sekarang dengan membuatnya dalam versi mobile. 

Strategi pemasaran mobile
Aktivitas online menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Melihat kondisi itu, para pebisnis mau tak mau harus mengikuti jejak gaya hidup masyarakat modern, agar pangsa pasar yang mereka kuasai tetap bertahan, atau bahkan bertambah. Saat ini, dalam pemasaran di dunia maya, setidaknya ada enam jenis strategi marketing yang banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk meraih konsumen, yaitu:
1. Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
2. Mobile Marketing
Salah satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%.
3. Continuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
4. Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
5. Visual Marketing
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
6. Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi Personalized Marketing.

 

Komentar

Postingan Populer